Minggu, 10 November 2013

Posted by Novin Herdian on 23.41 No comments
10 November, di Indonesia biasa diperingati sebagai hari pahlawan. Di negara lain, 10 November diperingati sebagai hari ke sepuluh di bulan sebelas. Pahlawan adalah seseorang yang rela melakukan suatu hal tanpa pamrih demi membantu orang lain yang butuh bantuan. Sederhana-nya gini, temen lo lagi mules banget dan dia sedang dalam situasi yang menyulitkan yaitu pedekate sama gebetannya. Karena momen-nya lagi romantis, dia ga sadar bahwa dia udah kecepirit. Karena lo sadar akan hal itu, lo langsung bilang ke temen lo kalo ada yang bocor dan agak semriwing di celana dia. Jiwa pahlawan lo muncul, lo dengan nasehat ala motivator tingkat kelurahan menganjurkan kepadanya bahwa ia harus pergi sejenak ke toilet untuk membersihkan garasi-nya. Lalu anjurkan kepadanya bahwa gebetan dia aman sama lo. Temen lo ke toilet. Lo ngobrol dikit sama gebetannya dengan ngebahas kenapa abang rujak pake akuarium buat naroh buah. Lo terlibat argumentasi sengit.  Lo mulai suka sama gebetan temen lo. Akhirnya lo tembak dia dan diterima. Sementara itu, temen lo masih sibuk aja sama garasi-nya. Pahlawan banget emang lo, menyelamatkan hati orang yang ditinggalkan demi membersihkan garasi.

Dalam kehidupan normal, banyak julukan pahlawan disematkan kepada pihak-pihak tertentu. Nah, tentu waktu kecil dulu lo suka banget tuh nonton film pahlawan-pahlawan super dari amerika atau jepang kaya superman, batman, spiderman, google five, kamen rider, ninja hattori, doraemon, chibi maruko chan atau shincan. Tapi jujur sih, pahlawan yang kaya gitu tuh beda. Apalagi maruko chan sama shinchan, itu dimana pahlawannyaaaa....


Ini superhero paling absurd, namanya supernovin.

Eh, coba lo inget-inget kelakuan lo sehari-hari. Termasuk pahlawan apa sih lo?

1. Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
Setiap hari lo berangkat pagi-pagi menuju sekolah. Menggunakan kendaraan yang biasa-nya tidak terlalu mentereng. Terus lo ngopi-ngopi dulu di ruangan khusus di sekolah. Sesekali menyapa anak cewek yang baru dateng ke sekolah. Pas bel masuk berbunyi lo masuk kelas. Ketika lo masuk kelas semua orang serempak teriak, “Selamat pagi pak/bu guru..”
Nah, dapat dipastikan lo adalah pahlawan tanpa tanda jasa.

2. Pahlawan Devisa
Kerjaan lo sibuk banget, beberap orang bahkan tidak sanggup melakukannya. Selain itu, tempat kerja lo juga di luar negeri. Wah..pokoknya lo bisa nguasain beberapa bahasa internasional. Tapi resiko kerja lo berat. Salah dikit..digampar, lupa dikit..disetrika, kotor dikit..disapu, ngeres dikit..dipel, buka dikit...jos!
Pas lebaran atau lagi break kerjaan lo balik ke Indonesia. Di rumah lo mengalami shock culture. Biasanya sarapan sama roti tiba-tiba makan nasi aking lagi. Lo gak bisa berlama-lama di Indonesia. Akhirnya lo balik lagi ke negara tempat lo kerja dan dengan segala resiko tadi demi uang lebih di negeri orang. Kalo lo kaya gini, bisa dipastiin lo adalah pahlawan devisa.

3. Pahlawan Bertopeng
Lo selalu tampil di TV keluarga Nohara Shinosuke. Lo punya fans berat bernama Shincan. Gaya lo saat menyelamatkan orang lain adalah menunjuk sisi kiri dengan kedua tangan sambil berkata, “Akulah..pahlawan bertopeng !”



4. Pahlawan Kesiangan
Suatu pagi yang cerah terjadi hal yang tidak mengenakkan di rumah lo. Ujan deres selama 40 hari membuat rumah lo banjir semata kaki optimus prime. Lo kaget dan ga biasa ngeliat air segitu banyak-nya di dalem rumah lo. Lo inisiatif ngelepasin bibit ikan lele di dalem rumah. Terus bikin usaha wisata air dan pemandian air banjir. Namun akhirnya lo sadar yang lo lepas kemarin adalah bibit ikan piranha. Akhirnya dengan jiwa pahlawan lo bikin perahu buat ngebantu keluarga lo dan tetangga menyelamatkan diri dari serbuan ikan piranha yang makin menggila. Butuh 3 tahun lo menyelesaikan perahu lo yang canggih itu. Setelah perahu jadi dan lo bersiap mempresentasikan kemampuannya, komplek rumah lo udah kering dari air banjir. Dan tetangga lo malah bakar-bakar ikan piranha sampe bikin ikan piranha asem manis. Kalo lo ngerasain hal ini, bisa dipastiin lo adalah pahlawan kesiangan.

5. Patung Pahlawan
Setiap hari lo berdiri di ujung sebuah jalan dengan pose yang heroik dan penuh rasa semangat. Hujan, panas, badai, gagal move on, demam gadget, lo lewati tanpa ada perasaan apa-apa. Badan lo cukup tangguh karena berlapis semen, perunggu, atau material keras lainnya. Lo ngerasain hal ini? Berarti lo termasuk patung pahlawan.

Setiap orang bisa menjadi pahlawan tanpa harus menggunakan celana ketat, topeng, atau bahkan lari-lari sambil bawa bambu runcing. Yaileh..belanda udah keburu lebaran tong. Hal-hal kecil kaya nyingkirin paku dari jalan adalah bentuk kepahlawanan. Gue salut sama orang-orang yang menamakan dirinya kelompok penyapu paku jalanan di bilangan Roxy, Jakarta Barat. Seinget gue, namanya SABER dan karena tindakan kepahlawanannya mereka jadi mitra kepolisian juga. Bagi gue, mereka adalah pahlawan nyata di kehidupan modern ini. Gue termasuk orang yang sering tertimpa musibah ban bocor. Bahkan, sebuah momen ban bocor pernah mengakhiri hubungan percintaan gue. Fak. Makanya gue mengganngap temen-temen SABER ini adalah pahlawan. 

Siap jadi pahlawan di kehidupan nyata mblang?

0 JAMBLANG!:

Posting Komentar