Rabu, 06 November 2013

Posted by Novin Herdian on 23.35 No comments
Udah hampir mau 4 bulan gue hidup sendirian di San Fransisco Tanah Tinggi Tangerang. Bokap yang udah pensiun sejak Juni memilih balik ke kampung halaman di Cepu, yang mungkin di pikiran lo itu nama merek kosmetik. Nyokap udah pasti ikut. Dan gue? Kuliah juga belum lulus, kerja juga belom dapet tawaran, jadinya hidup bebas sambil ngerjain komik yang belom-belom selesai juga sampe gue nge-post ini. TA gue bikin komik. Gue dan penerawangan mbah glewo merasa, ada masa depan dalam komik gue ini. Gue berjuang keras, banting tulang, berpeluh keringat, ditinggal gebetan untuk menyelesaikan maha proyek kuliah ini.


Gue yang malah agak gemukkan pas hidup mandiri. Pft.
Hidup mandiri bikin gue beda dalam segala hal. Makan, jajan, bayar listrik, beli gas, nyuci baju, bikin cemburu mantan, dan banyak hal lain. Kebiasaan baru gue sekarang adalah membiarkan kulkas hampa tanpa makanan yang bisa langsung dimakan. Kasian dia, udah kedinginan tapi gak diisi makanan. Untung kulkas gak bisa ngomong. Kalo bisa ngomong kan ribet, makin banyak bahasa yang harus kita pelajarin. Belajar bahasa aljazair aja kita nyerah.

Semenjak sendirian..bentar, ini sendirian di rumah ya bukan di hati, pola makan gue emang rada berantakan dan gak mengikuti anjuran dokter kesehatan gizi hewan universitas taman safari. Paling parah gue pernah makan nasi putih, tapi pake batagor ! Iya..batagor yang jajanan tiap di kampus kalo punya duit itu gue makan pake nasi saking ngirit dan kepepet laper beneran.
Disini gue mau cerita makanan apa aja yang sering gue makan dan mungkin pada dimakan juga sama beberapa makhluk kost dan bujangan lain yang menahbiskan dirinya untuk melakukan hal-hal yang sebenernya engga perlu mereka lakukan.

1. Nasi + Kecap + Telor Cedar (Ceplok Dadar)
Ini makanan favorit gue kalo lagi pengen cepet makan. Gue udah biasa nyetok telor komodo seperapat-setengah kilo di kulkas. Jadi pas lagi khusyu’ ngerjain tugas akhir..halah, dan tiba-tiba laper, gue tinggal goreng telor aja. Eits..tapi agak nyentrik sih telor bikinan gue. Kalo orang normal dengan IP 3,00 mungkin kalo pengen goreng telor yakalo gak mau dadar ya tinggal ceplok. Karena gue adalah orang sedikit hampir dibawah normal dengan IP yang tidak etis bila disebutkan disini, gue goreng telor-nya beda. Pake teknik orang mozambik dipadupadankan dengan teknik masyarakat lokal bosnia-herzegovina. Jadi gini, gue emang lebih suka telor dadar, lebih enak dan lebar (bagi anak kost, quantity is better than quality). Nah, kalo mau ngedadar kan kudu dikocok di sebuah tempat dulu entah gelas atau mangkuk kecil. Gue anak kost gitu, gue gamau nambahin cucian piring lha. Akhirnya itu telor langsung gue ceplok diatas wajan, gue kasih garem dikit, nah..inilah mejik-nya ! Saat telor putih dan kuning belum terlalu matang, langsung lo orak-arik tuh kuning telornya. Jadi dia bakal bercampur sama bagian putihnya. Campurannya mungkin memang gak sempurna kaya lagunya Andra and The Backbone. Tapi inilah citarasa-nya, telor ceplok rasa dadar !

2. Nasi + Kecap + Srundeng + Nugget
Kalo bosen masak telor mulu, gue biasa masak nugget. Gue prefer nugget yang rasa ayam-nya masih bisa kerasa di lidah timbang sosis yang rasa ayam-nya kaya buat nyeneng-nyenengin lo doang. Awal-awal gue sempet beli nugget yang per 100gr gitu. Biasa abis 12rb rupiah buat nugget yang rasanya hampir gak kaya nugget ini. Gue sengaja gak mau beli nugget yang udah ada merk-nya kaya fiesta atau sutra gitu. Ya..karena quantity tadi, gue terjebak dalam momen irit macam motor matik keluaran baru. Tapi lama kelamaan gak tahan, timbang nambah 3-4rb gue udah dapet nugget yang ayam-nya kerasa, ya..gue tinggalin lah nugget per 100gr van jahanam itu. Macam nama meneer Belanda yes, “Nugget Verseratoos Grahm Van Zahanaam”.
Oiya, gue dibawain srundeng pas pulang dari kampung dan memulai pengembaraan hidup di Tangerang dari bulek dan nyokap. Srundeng ini adalah makanan khas Italia yang terbuat dari kelapa parut yang dimasak di wajan tanpa minyak sampai kering. Biasanya jadi pelengkap nasi pecel. Karena gue gak sempet metikkin sayuran di perkebunan sayur di Cicalengka, gue gak pakelah itu sayur-sayuran. Walhasil, rada suseh kalo mau nabung.

3. Nasi + Fried Chicken + Saos
Ah..ini cukup lumayan sering dan ngenyangin. Gue termasuk orang yang suka beli fried chicken pinggir jalan itu. Harga paling 4rb-an tapi cukup bikin kenyang. Gue gak peduli mau daging ayam apa daging kelelawar yang dimasak ini, yang jelas enak kok. Walopun kebanyakan tukang fried chicken memberikan bonus pelengkap berupa saos bungkusan, namun kebanyakan pulak kasih saos dengan merk wallohu alam yang rasanya juga malah mirip jus pepaya campur tomat. Tapi akhirnya gue nemu tukang fried chicken yang kasih saos-nya berupa saos sachet dari merk yang sudah terpercaya, sebut saja merk-nya panadol.

4. Nasi + Gulai
Kalo lagi ada rejeki lebih dan pengen makan yang agak enak, gue pilih makanan ini. Selain karena enak, yang jualan juga enak diliat. Gulai yang gue jamin lebih nikmat dari gulai itik di bilangan Blok M sana ini, harga-nya Cuma 7rb. Isinya ya..tetelan kambing lah, masa tetelan biawak. Kalo udah nyampur ama nasi anget, status jomblo pun kaya gak ada artinya.

5. Roti gandum + Pasta + Saus Keju
Ah, ini mah mimpi.

6. Nasi + Lauk Warteg
Kalo lagi kangen masakan rumahan dan pengen makan sayur, gue memilih beli lauk di warteg. Biasa 7rb udah bisa makan 2 kali. Pagi, dan pagi-nya lagi. Akhir-akhir ini gue sering beli lauk warteg bukan karena kangen masakan rumahan sih, tapi kangen ketemu mbak-mbak penjualnya. Sumpah ini, gue juga kaget kenapa dalem warteg deketrumah ini, bisa ada bidadari turun dari bis malam jurusan Tegal-Jakarta. Mbak-mbak nya radi chubby gitu, mungkin karena faktor hidup diantara ratusan jenis makanan ya. Mukanya pun manis kaya es teh manis yang biasa dibikinin. Tapi gue gak ada niat buat macarin kok, takutnya gue khilaf, numpang makan di warteg-nya mulu, ngajak anak radio buat makan disana, untung warteg berkurang, masuk musim hujan, pelanggan makin sepi karena gue kalo makan bisa nambah sampe 7x, terus warteg-nya bangkrut, dan akhirnya dia jadian ama juragan tanah di kampungnya. Gak lucu blas..

Daritadi gue mengawali dengan nasi mulu, ya..gue udah biasa masak nasi pake periuk dan kayu bakar itu. Enggak sih. Gue udah biasa masak nasi sendiri, jadi tinggal cari lauk aja di tong sampah. Kan lebih simpel dan hemat. Lagian, kalo mau nambah kan gampang. 

0 JAMBLANG!:

Posting Komentar