Sabtu, 05 Oktober 2013

Posted by Novin Herdian on 17.48 No comments
Gue termasuk orang yang hobi banget buat ikut-ikut lomba, kompetisi, audisi, balapan, pendekatan dan segala sesuatu yang berbau persaingan untuk mendapatkan sesuatu. Emang sih lebih banyak lomba yang ada hubungannya sama desain grafis. Maklum, mau ikut Olimpiade Fisika Internasional takut gue pasti menang. Menang..gung malu.

Ada satu lomba yang pernah gue ikutin dan ini berkesan banget. Bermula pada sebuah workshop yang hanya dihadiri crew Radio Budi Luhur baik yang senior maupun gue yang waktu itu baru gabung ke dalamnya. Gue gak tau bakalan ikut workshop macam apa, yang ada di pikiran gue cuma "Nanti dapet makanan apa ya?"

Jadi workshop ini adalah pengenalan tentang lomba pembuatan TVC (TV Commercial) atau bahasa Tangerang-nya Iklan Tipi. Disini dijelasin produk-nya juga. Dan produk yang harus kita bikin TVC-nya adalah produk pembersih muka dan gel rambut. Pembersih hati gak ada nih?

Singkat kata, selepas workshop itu gue tertarik untuk ikut lombanya. Yaa...karena syaratnya gampang banget, lo bisa rekam pake kamera handphone pula. Dulu hape gue emang gak sekeren sekarang walaupun yang sekarang juga gak keren-keren amat sih. Tapi, gue yakin aja TVC gue ini bakalan epic banget ! Banget ! Banget ? Apa iya ya se-banget itu? *mulai gak yakin*

Tapi bagai sebuah pepatah Madagascar bilang, "Kerjakanlah apa yang telah kamu yakini akan menjadi sesuatu yang hebat" gue yakin dan mulai mencari ide-ide. Dan ide itu muncul setelah Sholat Jumat ! Gilaaaa...men, gue bukannya dengerin khotib-nya ceramah tapi malah mikirin ide buat lomba. Ah, ampuni Nopin Ya Allah..

Ide gue simpel, pembersih muka berarti kan membersihkan sesuatu. Penghapus juga pembersih, nah gue pake penghapus yang ditempelin di ujung produk pembersih itu untuk menghapus kotoran yang ada di wajah yang sesungguhnya pengen gue miripin sama salah satu juri tapi ternyata, gak mirip sama sekali. Nah jadi penghapus itu menghapus kotoran di wajah yang gue bikin pake pensil. Steven Spielberg juga gak bakal kepikiran kali nih ama ide ini.

Pas mau rekam agak rempong sih. Maklum gue belum punya sebuah rumah produksi gitu. Ya..jadinya gue cari peralatan buat rekamnya. Pertama, handphone gue gue tempelin di bangku kecil yang punya rongga lebar di bawahnya. Bangku ini jadi pengganti tripod-yang-pasti-gue gak punya. Terus gambar gue taruh bawah itu bangku dan gue tarik bangku-nya dari atas ke bawah sehingga menghasilkan efek gambar yang  jump from top gitu kalo bahasa di power point. Teknik ini pun gak bakal kepikiran sama Hanung Bramantyo.

Setelah take berulang-ulang dan diledekin bapak yang mungkin nganggep gue bocah yang gak ada kerjaan bermanfaat apa akhirnya ngepas juga waktunya yang harus 30 detik, maka jadilah TVC pertama gue yang gue kasih judul "Laskar Pelangi"..eh, bukan ding judulnya "Bersih Sampai Putih"


Keren gak?

Setelah gue upload ke web lombanya. Gue dapet kabar kalo TVC gue lolos tahap pertama. Gilak, gue senengi banget sampae gue lupa kalo gue itu gak punya pacar.

Nah, tahap selanjutnya adalah vote via web. Disini nih yang gila. Gue rela nyalain semua komputer di lab komputer (yaiyalah masa' di lab kimia) cuma buat login dengan 1 username dan vote karya gue. Bahkan web di kantor tempat gue magang udah gue pake cuma buat vote TVC gue. Temen-temen baik yang gue kenal dan para penjilat juga gue suruh vote.

Tapi....setelah waktu vote tertutup gue mendapati fakta bahwa gue tetep belum punya pacar (bodo amat pin..). Kemudian tibalah pengunguman TVC mana yang lolos ke tahap berikutnya yaitu malam penganugerahan di Jepang.

Jepang? Iya Jepang, kalo lolos tahap vote ini, gue bisa pergi ke Jepang. Gue berdoa banget karena pihak panitia juga udah kontak gue buat ngirimin sesuatu. Dasarnya gue tinggal di pedalaman Tangerang, gue berharap itu surat-surat pengurusan visa dan paspor. Lah, gue kan gak tau ngurus visa dan paspor. Ngurus SIM aja gue kaya orang linglung, apalagi ngurusin badan.

Ternyata yang mereka kirim adalah kertas bahan art cartoon seukuran kartu nama yang kaya gini isinya.


Kartu ini emang ngajak buat vote juga. Lumayan karena mereka ngirim 100 biji. Jadi buat gue kasih ke temen-temen gue juga. Minimal bikin mereka bangga lah karena punya temen seganteng gue *muntah*

Tapi. Ternyata karya gue gak lolos tahap vote. Gue sedih. Gue memandang lampu di jalanan. Kemudian turun hujan.

Yaa...gagal mah biasa, yang penting udah ikut lomba. Gini loh, lo ikut aja semua kompetisi, lomba atau apapun yang memerlukan usaha. Kalaupun gagal, lo berarti udah abisin jatah gagal lo. Jadi saat jatah gagal lo abis, jatah sukses lo bakal dapet dengan sendirinya.

0 JAMBLANG!:

Posting Komentar